media UMKM, memanfaatkan ragam media untuk mendorong UKM siap bersaing di pasar global

This Entry has been submitted.

media UMKM, memanfaatkan ragam media untuk mendorong UKM siap bersaing di pasar global

Indonesia
Organization type: 
nonprofit/ngo/citizen sector
Project Stage:
Start-Up
Budget: 
$100,000 - $250,000
Project Summary
Elevator Pitch

Concise Summary: Help us pitch this solution! Provide an explanation within 3-4 short sentences.

Membantu UKM berpublikasi guna mendongkrak penjualan melalui web portal dan majalah gratis yang disebar melalui tempat strategis

About Project

Problem: What problem is this project trying to address?

Pengelolaan UKM secara sederhana, lemah di pemasaran menjadikannya kurang memperhatikan media publikasi. Untuk mampu bersaing di tengah persaingan, dibutuhkan strategi untuk meningkatkan daya saing dengan menembus kendala yang ada. Sebagian besar, kendala ada pada bagaimana produk dapat dikenal luas tanpa memperhatikan batasan. Terbatasnya dana, lokasi, informasi menjadi penghambat UKM untuk berkembang. Peluang bisnis yang seharusnya dapat diraih, lepas karena keunggulan dan hasil UKM tidak dapat terpublikasi dan tersampaikan secara luas. Akhirnya pilihan yang dapat diraih adalah para retailer yang menampung produk-produk UKM, kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Solution: What is the proposed solution? Please be specific!

Solusi dari permasalahan UKM adalah pembuatan media publikasi berwujud majalah gratis (free magazine) yang disebar di beberapa lokasi dan pemanfaatan ICT (Information and Communication Technology) sebagai sarana publikasi untuk menembus batas, dan meraih mimpi
Impact: How does it Work

Example: Walk us through a specific example(s) of how this solution makes a difference; include its primary activities.

Mengintegrasikan media publikasi lini atas dan media publikasi lini bawah untuk menunjang promosi Usaha Kecil Menengah (UKM). Media publikasi lini atas dipilih dalam bentuk portal website dilengkapi dengan pengiriman berita ke UKM melalui sms. Media publikasi lini bawah menggunakan majalah mediaUKM dengan jalur distribusi di hotel, tempat wisata dan public service yang sesuai dengan target audience. UKM tidak dikenakan biaya sedikitpun dalam hal publikasi mereka melalui web dan majalah. Majalah digunakan untuk mendongkrak publikasi UKM serta website portal UKM, kedepannya diharapkan fungsi majalah tergantikan dengan website sehingga lebih murah pembiayaan. Biaya pembuatan majalah telah diajukan melalui dana hibah yang ada, misalkan IbM (Ipteks bagi Masyarakat) DIKTI, karena kekurangan dana majalah hanya tercetak 1 kali terbit
Sustainability

Marketplace: Who else is addressing the problem outlined here? How does the proposed project differ from these approaches?

Target Audience dari kegiatan ini adalah menengah atas yang memiliki minat dan daya beli terhadap produk UKM yang dipublikasikan melalui majalah dan portal website. Competitor dari kegiatan ini dapat terbentuk dari retailer UKM, media publikasi berbayar yang memiliki jalur dsitribusi luas tetapi lebih berorientasi pada memanfaatkan keuntungan dari informasi UKM
About You
Organization:
STIK Indonesia
About You
First Name

Saiful

Last Name

Yahya

Twitter URL
About Your Organization
Organization Name

STIK Indonesia

Organization Country

, JI

Country where this project is creating social impact

, JI

How long has your organization been operating?

More than 5 years

The information you provide here will be used to fill in any parts of your profile that have been left blank, such as interests, organization information, and website. No contact information will be made public. Please uncheck here if you do not want this to happen..

Innovation
Select the stage that best applies to your solution

Start-Up (a pilot that has just begun operating)

How long have you been in operation?

Operating for less than a year

Social Impact
FOUNDING STORY: We want to hear about your “Aha!” moment. Share the story of where and when the founder(s) saw this solution’s potential to change the world.

Usaha Kecil Menengah (UKM) sebenarnya menempati posisi strategis dalam perekonomian di Indonesia. Dari segi penyerapan tenaga kerja, sekitar 90% bekerja pada sektor usaha kecil menengah. Begitu juga dengan Kota Malang, salah satu kota terbesar di Jawa Timur ini memiliki UKM yang tersebar di wilayahnya. Berdasarkan data BPS kota Malang tahun 2007, UKM yang berkembang berdasarkan kelompok produknya berjumlah 46 jenis produk. Hal ini menjamur seiring dengan banyaknya pemutusan hubungan kerja yang dilakukan industri besar.
UKM kota Malang merupakan salah satu pilar perekonomian yang lebih tahan terhadap krisis di bandingkan industri besar. Pengelolaan UKM secara sederhana, lemah di pemasaran menjadikannya gaung produknya kurang dikenal luas. Publikasi mereka kurang tertata dengan baik dan berkelanjutan, utamanya publikasi dengan target pasar kalangan menengah atas. Kalangan menengah atas mendapatkan produk UKM dari retailer yang menampung produk-produk UKM untuk kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Specify both the depth and scale of your solution’s social impact to date

Kelebihan dari kegiatan ini adalah adanya transfer teknologi secara tepat guna kepada UKM dengan menggunakan portal website dan majalah. Dengan memberikan publikasi gratis melalui majalah yang diterbitkan melalui kegiatan ini serta memberikan pengetahuan serta pelatihan kepada UKM tentang pengelolaan dan pemanfaatan portal website mendorong mereka untuk terlibat aktif. Diharapkan dengan adanya pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan portal website, penggiat UKM ikut terlibat aktif dengan kelangsungan portal website tersebut.

What is your projected impact within the next 1-5 years? Is your idea replicable? If so, how?

Harapan kedepan UKM dapat memanfaatkan portal website sebagai salah satu media promosi guna menunjang pemasaran yang ditunjang dengan majalah gratis.model ini dapat diterapkan untuk dikota lainnya.Jika diterapkan dikota lainnya hanya dengan mencontoh model, tetapi desain majalah dapat menyesuaikan dengan karakter daerah masing-masing.

Winning entries present a strong plan for how they will achieve and mark growth. Identify your six-month milestone for growing your impact

Tersedianya majalah gratis dengan disebarkan dibeberapa titik sesuai dengan target audience serta portal website siap digunakan

Six-Month Tasks
Task 1

Sosialiasasi tentang program, keuntungan serta pencarian data UKM

Task 2

mendesain dan membuat portal website UKM

Task 3

menyebarkan majalah gratis ke beberapa tempat, seperti hotel, public service, travel agents dan tempat yang sering dikunjungi

Now think bigger! Identify your 12-month impact milestone

UKM dapat memanfaatkan portal website dalam publikasi serta peningkatan angka penjualan.

12-Month Tasks
Task 1

desain dan produksi majalah dan web portal mediaUKM, serta distribusi majalah gratis

Task 2

sosialisasi penggunaan dan pengelolaan web portal kepada UKM

Task 3

evaluasi dampak dari program ini terhadap penjualan

How many people have been impacted by your project?

101 - 1,000

How many people could be impacted by your project in the next three years?

1001‐10,000

Sustainability
Explain how your company, program, service or product is structured

Non-profit

What barriers have hindered the success of your project to date? How do you plan to overcome these and other challenges as you grow your solution?

Ketiadaan dana pendukung untuk kelangsungan program ini secara jangka panjang.
Dengan menggantikan beberapa majalah gratis dengan media online sedikit banyak dapat mengurangi beban pendanaan.

How do you see the information-technology and media sectors shifting over the next decade? How will your solution adapt to and/or drive that changing environment?

Perkembangan media dan teknologi informasi seiring dengan perkembangan teknologi hardware pendukungnya menjadikan masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan cepat untuk mengikuti perkembangan media dan teknologi informasi. Proses adaptasi diperlukan dan perlu pembimbingan secara nyata dari dunia pendidikan kepada masyarakat sekitar. Solusi yang saya tawarkan memungkinkan untuk menjadi salah satu pemicu diantara banyak pemiculainnya.

Failure is not always an option. If your solution fails to gain traction in the next two years, what other applications of the idea could you explore?

Program selanjutnya ketika program ini gagal adalah dengan menggandeng pemerintah daerah untuk mensinergikan progam ini kedalam program pemerintah daerah

Expand on your selections, explaining how you will sustain funding

Jika memungkinkan pendanaan berasal dari program kepedulian perusahaan nasional, BUMN dan pemerintah meski kecil kemungkinan untuk mendapatkan dana dari iuran mandiri UKM.

Tell us about your partnerships

kemitraan bersifat nirlaba, UKM yang dimuat di media UKM dengan prioritas karakter budaya setempat. jalur distribusi juga menerapkan nirlaba, dimana kontra prestasi berupa pemuatan 1 halaman iklan di majalah gratis.

What type of team (staff, volunteers, etc.) will ensure that you achieve the growth milestones identified in the Social Impact section?

Tim merupakan sukarelawan yang memiliki kompeten dibidangnya masing-masing yaitu bidang desain, web data base, web desain serta bidang administrasi dan pemasaran

Changemakers is a collaborative and supportive space. Please specify any community resources you would need to grow and sustain your initiative. Select all that apply

Investment, Marketing or media, Research or information, Collaboration or networking, Pro-bono help (legal, financial, etc.), Innovation or ideas, Mentorship.

Specify any resources you might offer to support other initiatives. Select all that apply

Human resources or talent, Research or information, Collaboration or networking, Innovation or ideas.

Please elaborate on any needs or offers you have mentioned above and/or suggest categories of support that aren’t specified within the list

Dalam program saya dibutuhkan investasi, tetapi investasi jangka panjang, yang perlu dukungan pemasaran berdasarkan riset atau informasi yang akurat yang didapatkan dari berbagai rekan yang tergabung dalam jaringan. Inovasi dan bimbingan diperlukan untuk menjalankan program ini untuk lebih sempurnanya dikemudian hari.
Sedangkan untuk tawaran saya berupa SDM, karena saya mengangap saya mampu untuk berbuat kegiatan kemasyarakatan yang berkaitan dengan komunitas. Saya juga siap untuk saling berbagi informasi, jaringan dan ide untuk kemajuan negara dan bangsa.

Summary
Define your company, program, service or product in 1-2 short sentences

Lembaga pendidikan bidang ICT yang respect terhadap perkembangan ICT di kota Malang terutama masyarakat sekitar

Comments

Darren Bunton's picture

Saiful, thanks for the submission of this innovation. I shall conduct my due-diligence, and discern the limitations of SME's in regard to funding, location, and information.

randomness